Oka bRionZ - Belajar Dan Berbagi Di Satu Tempat

Tempat belajar SEO (Search Engine Optimization), Web Design, Web Development, dan Internet Marketing. Begabunglah dengan komunitas Developer Indonesia.

Cara Mudah Install Hugo Pada Windows 7, 8, & 10



Hugo adalah sebuah software yang dibuat oleh Steve Francia (spf13) dan komunitas Gohugo.
Hugo juga adalah static generator tercepat di dunia yang mempu membuat ribuan postingan hanya dengan hitungan detik atau bahkan mili-detik.
Cara install hugo itu mudah dan tidak membutuhkan software pihak ke-3 lainnya seperti (Node.js). Anda hanya perlu memasangnya dengan cara mendownload hugo versi terbaru disini lalu ekstraks hasil download pada folder ..\Hugo\bin dan rubah nama menjadi hugo.exe jika bawaannya sudah hugo.exe maka tidak perlu ada perubahan.

Setelah proses ekstraksi selesai, selanjutnya Anda perlu mengatur Envirnoment Variables dan menambahkan ;C:\Hugo\bin caranya

1. Klik Tombol Windows > systems


2. Klik Advanced systems settings seperti pada gambar dibawah.


3. Klik tombol Environment Variables...


4. Klik PATH/Path lalu edit


5. Masukan Direktori Hugo ke dalam Path dengan tambahan tanda ";" tanpa kutip seperti ini: ;C:\Hugo\bin atau bisa Anda lihat pada gambar yang ditandai biru. Jangan lupa untuk menekan tombol Apply dan OK


Untuk pengguna Windows 7 dan 8.x:

Windows 7 dan 8.1 tidak menyertakan editor untuk Environment Variables yang disertakan di Windows 10, jadi pengguna non-teknis di platform tersebut disarankan untuk memasang editor gratis yang dibuat oleh pihak ketiga seperti Windows Environment Variables Editor atau Path Editor.

Sekarang Hugo telah terpasang. Selanjutnya, mari kita buat situs pertama Anda dengan static site generator Hugo.

Semoga bermanfaat, dan Wassalam.